Chatbot: Robot Chat Pintar Penuai Untung Tanpa Buntung - Talkabot Indonesia | Official Site

Chatbot: Robot Chat Pintar Penuai Untung Tanpa Buntung

Januari 13, 2021
startup unicorn indonesia
Perusahaan Indonesia yang Sukses dengan Go Digital
Januari 14, 2021
Chatbot saat ini menjadi salah satu teknologi yang mulai marak digunakan di berbagai sektor digital termasuk dalam bisnis. Teknologi ini menjadi solusi bisnis yang cukup efektif untuk mengatasi masalah komunikasi dengan pelanggan.
Seperti yang telah kita ketahui di artikel sebelumnya, chatbot merupakan sebuah program komputer yang berbasis Artificial Intelligence atau robot virtual yang menyediakan layanan obrolan dengan menirukan percakapan yang biasanya dilakukan oleh manusia. Teknologi ini juga dikenal sebagai asisten virtual yang dapat memahami atau memproses pertanyaan pengguna serta memberikan jawaban yang relevan dengan cepat. Baik itu dalam bentuk pesan suara, pesan teks maupun keduanya yang selanjutnya akan diaplikasikan pada WhatsApp, Line, Twitter, website dan lain sebagainya.
Berbagai manfaat akan kamu dapatkan jika bisnismu memutuskan untuk menggunakan chatbot terutama untuk kepuasan pelanggan. Berikut uraian manfaat yang akan kamu dapatkan saat menggunakan chatbot:

Chat aktif 24 jam

Penggunaan internet mengubah pola perilaku konsumen menjadi dinamis. Oleh karena itu, pelayanan yang diberikan oleh pebisnis pun harus dapat menyesuaikan agar dapat memberikan layanan yang optimal untuk pelanggan. Chatbot menjawab keresahan yang dialami oleh manusia akibat perubahan tersebut. Berbeda dengan manusia yang waktu kerjanya terbatas, chatbot dapat melayani pelanggan 24 jam non-stop. Teknologi ini tentunya sangat berpengaruh bagi pebisnis dalam meningkatkan pelayanan dan memeberikan kepuasan untuk pelanggannuya.

Dapat memberikan UX yang baik

Script chatbot dapat dimodifikasi sedemikian rupa untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan. Pebisnis juga bisa menggunakan bahasa yang sedang menjadi tren masa kini. Dengan seperti itu, pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang baik saat menghubungi bisnismu. Selain mendapatkan UX yang baik, kamu juga bisa meningkatkan engagement dengan pelanggan. Ketika engagement dengan pelanggan baik, kemungkinan kamu untuk mendapatkan pelanggan yang loyal akan semakin tinggi.

Memberikan kepuasan dan meningkatkan penjualan

Teknologi yang dihadirkan chatbot sangat beragam, salah satunya bisa menggantikan salesman untuk melayani pelanggan dengan cepat dan tentunya akurat. Chatbot memiliki kemampuan untuk menjawab secara cepat pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan sehingga memberika kepuasan tersendiri. Selain itu, dengan chatbot pebisnis bisa menawarkan produk dan menjelaskan detail produk dengan cepat tanpa harus menunggu lama. Hal ini tentunya dapat memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan sehingga berdampak pada peningkatan jumlah penjualan.

Hemat biaya

Sebanyak 80% percakapan dapat diotomatisasi oleh chatbot sehingga customer service hanya perlu melakukan pekerjaan yang penting untuk ditangani secara langsung. Hal ini dapat mengoptimalkan kinerja customer service perusahaan dan meringankan kerjanya dalam menjalankan tugas. Kamu juga bisa menghemat biaya, karena sebagian kinerja customer service dapat diambilalih oleh chatbot yang bisa didapatkan lebih murah dan efektif dibandingkan dengan menambah pekerja.

Dapat melakukan riset pasar

Salah satu manfaat dari chatbot adalah membantu mengumpulkan data dan informasi pelanggan, seperti kebiasaan pelanggan dan apa yang disukai pelanggan saat ini. Dari data tersebut, kamu juga bisa menemukan pelanggan yang potensial membeli produkmu. Chatbot akan mengumpulkan informasi pelanggan dari awal sampai akhir proses interaksi berlangsung. Oleh karena itu, hal ini dapat memungkinkan kamu untuk dapat memetakan pelanggan dengan kategori-kategori terentu untuk perkemabangan bisnismu.