Begini Cara Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis
bobb thinking
Media Sosial Talkabot Dicaci Maki, Ada Apa?
April 7, 2021
Shopee
Soal #ShopeeTindasKurir, Kawal Sampai Akhir!
April 14, 2021

Begini Cara Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis

Omnichannel
Fungsi media sosial saat ini bukan hanya untuk bersosialisasi secara virtual saja. Tingginya angka penggunaan media sosial memberikan keuntungan tersendiri untuk para penggunanya termasuk para pelaku usaha. Melalui berbagai platform media sosial yang telah ada saat ini, para pebisnis bisa melakukan berbagai bentuk pemasaran yang mudah, praktis dan tentunya dapat memberikan hasil yang mengagumkan.
Tidak hanya itu, melalui marketing media sosial para pebisnis bisa dengan mudah mengatur promosi yang seuai dengan target pasar, sehingga produk lebih cepat dikenal dan dibeli oleh pelanggan. Hingga saat ini, media sosial menjadi salah satu medium terfavorit yang digunakan oleh pebisnis untuk berjualan online. Persaingan antar pebisnis pun sudah dipastikan semakin ketat, maka dari itu, kamu harus punya strategi khusus agar bisa memaksimalkan penggunaan akun media sosial bisnismu.
Di bawah ini Talkabot punya tips-tips untuk memaksimalkan penggunaan media sosial untuk bisnis, yuk simak!

1. Manfaatkan fitur-fitur menarik di media sosial

Manfaatkanlah fitur-fitur popular yang sedang digemari oleh semua kalangan pengguna media sosial. Buatlah konten yang sesuai dengan fitur tersebut. Misalnya dalam platform Instagram, IG TV menjadi salah satu fitur yang digemari. Cobalah melakukan live promosi dengan membahas produkmu ataupun melakukan tanya jawab diikuti quiz berhadiah yang dapat menarik pelanggan.
Jangan lupa untuk membuat konten pemberitahuan terlebih dahulu sebelum memulai program tersebut. Baik itu dalam status Facebook, tweet, IG Story hingga feed Instagram untuk menarik pengguna media sosial agar ikut serta dalam program yang kamu selenggarakan.
Pahami segala bentuk update fitur yang tersedia dalam platform media sosial. Seperti instagram yang baru-baru ini meluncurkan fitur khusus berjualan yaitu IG Shop, di sini kamu bisa mulai memanfaatkannya agar lebih leluasa untuk berjualan. Selain itu, IG Shop juga akan memungkinkan tokomu untuk menjangkau pengguna media sosial lebih luas lagi. Lalu, fitur social commerce yang digadang-gadang akan segera diluncurkan oleh TikTok, kamu bisa mulai mempelajarinya dari sekarang. Agar saat fitur tersebut tersedia kamu bisa langsung memanfaatkannya.
Bobb juga baru saja mendengar kalau Facebook akan segera menghapus Facebook Analytics. Fitur tersebut akan bisa kamu gunakan sampai tanggal 30 Juni 2021. Sebagai penggantinya Facebook Business Suite menyediakan fitur Insight pada Facebook dan Instagram yang akan menunjukkan seluruh aktivitas terperinci mengenai audience, konten, dan tren saat ini untuk akunmu.

2. Buat konten bermanfaat dan gunakan elemen visual menarik

Toko online yang hanya mengandalkan tulisan saja biasanya sangat membosankan. Maka dari itu, feed media sosial perlu diselingi dengan konten visual. Pembuatan konten visual yang menarik terbilang sangat efektif dalam memasarkan produk atau mengenalkan brand usaha. Selain bisa menarik pelanggan, konten visual yang khas akan membuat brand bisnismu mudah diingat oleh calon pelanggan.
Buat konten informasi visual yang memiliki nilai dan mudah dimengerti. Lakukan berbagai riset untuk mengetahui konten visual seperti apa yang digemari oleh pengguna media sosial terutama target pasar. Pastikan semua konten sesuai dengan tujuan posting dan terkait dengan bisnis yang sedang kamu jalani. Kemudian yang menjadi penting adalah konten visual harus memiliki kualitas yang baik agar pelanggan tertarik dan mau menjadi follower tetap akun bisnismu.

3. Manfaatkan hashtag

Hashtag dapat memudahkan calon konsumen untuk menemukan posting-an kamu. Dengan hashtag, bisnis kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Gunakan hashtag seperlunya saja, jangan terlalu banyak memasukannya dalam setiap posting-an. Jika bisa, cobalah sisipkan hashtag dalam caption agar terlihat lebih natural.

4. Lakukan kerja sama dan pasang iklan

Ciptakan kerja sama dengan bisnis lain yang terkait untuk saling mengiklankan produk masing-masing. Kerja sama ini sifatnya mutualisme, untuk meperluas jaringan dan memperkenalkan bisnismu. Semakin kuat jaringan yang dimiliki partner akan semakin menguntungkan juga untuk bisnismu. Kerja sama ini bisa dilakukan dalam bentuk apapun, termasuk melakukan kolaborasi dalam pembuatan konten seperti IG Live.
Kamu juga bisa mulai menggunakan jasa endorse atau kerja sama dengan orang berpengaruh di media sosial. Orang tersebut biasanya memiliki banyak pengikut di mesia sosialnya. Dengan kerja sama tersebut memungkinkan untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu dan menambah followers.
Selanjutnya, pemasangan iklan di media sosial juga bisa menjadi pilihan. Sekarang banyak media sosial yang menyediakan layanan iklan berbayar untuk promosi. Kamu bisa segera mempertimbangkannya karena target promosi terjamin tepat sasaran. Kamu bisa mengatur sendiri karakteristik khalayak yang akan dituju mulai dari usia sampai target wilayah.
FYI: Kamu wajib tahu, aturan baru dari dari google analytics akan diperbaharui oleh Facebook pada Juni mendatang. Aturan baru tersebut menjelaskan bahwa Google Analytics tidak akan tersedia setelah tanggal 30 Juni 2021. Sementara itu, untuk informasi mengenai periklanan, Facebook membuat aturan baru yaitu berupa perizinan yang dikeluarkan oleh pengelola iklan kepada pengguna Facebook bisnis untuk menampilkan, mengubah, dan melihat hasil dari semua kampanye, set iklan, dan hingga iklan Facebook.

5. Dengarkan pelanggan

Selalu dengarkan umpan balik dari pelanggan. Jika perlu adakan survey kecil-kecilan di media sosial tentang kepuasan mereka mengenai layanan bisnismu di media sosial. Mintalah kritik dan saran mereka untuk perkembangan bisnis dan akun media media sosial bisnismu. Jadikan bahan evaluasi dan pertimbangan untuk kemajuan bisnis ke depannya***