Beli Baju Lebaran: Kenapa Harus Brand Lokal? -Talkabot Indonesia
Talkabot Bagi-bagi THR Hingga Jutaan Rupiah
April 23, 2021
Program Gratis Ongkir 500 M dari Pemerintah Batal, Begini Fakta-faktanya
Mei 1, 2021

Beli Baju Lebaran: Kenapa Harus Brand Lokal?

Brand Lokal
“Baju baru alhamdulillah, tuk dipakai di Hari Raya
Tak punya pun tak apa-apa. Masih ada baju yang lama”
Pasti enggak asing dong sama lagu Iegendaris tersebut? Biasanya lagu ini sesekali akan terdengar menjelang momen lebaran. Di mana anak-anak biasanya akan merengek ingin membeli baju baru karena salah satu di antara temannya habis pamer dibelikan baju lebaran oleh orang tuanya.
Seperti yang telah kita ketahui, lebaran memang biasanya identik dengan baju baru. Makna dari baju baru di Hari Raya itu sendiri adalah bentuk suka cita atau ekspresi kebahagiaan umat islam karena telah berhasil lolos beribadah pada Bulan Ramadhan.
“Kebahagiaan saat Idul fitri bisa dilihat dari keceriaan masyarakat, makanya disunahkan untuk memakai baju baru,” kata Kyai Cecep Jaya Karma, pimpinan Pondok Pesantren Nurul Huda =, dikutip dari Liputan6.com.
Sudahkah, kalian membeli baju lebaran? Bobb juga penasaran nih, biasanya kalian membeli baju dari brand lokal atau brand asing?
Brand Lokal vs Brand Asing
Mengutip dari Katadata, mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio pada Oktober tahun lalu, sempat mengeluhkan sulitnya mendorong konsumen Indonesia untuk memakai produk busana lokal.
“Kuliner upayanya tidak terlalu berat. Kalau kriya dan fashion, warga Indonesia masih suka produk luar negeri (brand asing),” katanya.
Wahh, kenapa ya? Padahalkan sekarang banyak banget brand lokal Indonesia yang enggak kalah keren. Setelah Bobb perhatikan, ternyata ada dua hal yang biasanya membuat konsumen memutuskan untuk memilih produk luar negeri yaitu persepsi mengenai kualitas produk yang lebih baik serta faktor prestise yang lebih tinggi daripada produk lokal.
Selain itu, bagi konsumen tertentu brand asing tidak hanya mempunyai kualitas (Perceived Brand Quality) yang lebih baik serta prestige-nya yang lebih tinggi. Namun juga mencakup pelayanan yang diberikan misalnya after sales service setelah membeli produk.
Benarkah demikian?

Brand Lokal Tidak Kalah Saing

Ada banyak hal yang bisa dikaji tentang mengapa orang Indonesia lebih memilih produk luar dibandingkan dengan produk lokal. Begitupun sebaliknya, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar produk-produk lokal tidak kalah saing dengan produk asing khususnya dalam dunia fashion.
Namun, jika menilik lebih dalam, saat ini banyak brand-brand lokal Indonesia yang mengeluarkan produk-produk yang enggak kalah dari produk luar negeri khususnya dalam bidang fashion. Bahkan untuk momen tertentu, industri fashion Indonesia bisa menjadi salah satu pusat mode dunia mengingat Indonesia adalah salah satu produsen busana muslim terbesar.
“Keunggulan industri fashion Indonesia adalah modest wear atau pakaian muslim,” tutur Ali Charisma, designer senior ternama Indonesia.
Menurutnya, dengan kerja sama ratusan atau ribuan pelaku industri fashion. Indonesia akan bisa merebut pasar dunia. Hal ini juga didukung oleh berbagai platform yang mendukung para designer ataupun pebisnis muslim untuk dapat lebih mudah memasarkan produk mereka. Salah satunya adalah Evermos, salah satu perusahaan penyedia platform Social Commerce produk muslim Indonesia yang sudah terdaftar sebagai anggota dari Global Innovator di World Economic Forum.
Kemudian satu pekan lalu, Shopee juga baru meluncurkan fitur terbaru untuk mendukung produk lokal. Fitur Shopee pilih lokal ini, akan mempermudah para konsumen untuk menemukan produk milik brand-brand lokal di Indonesia. Selain itu, fitur khusus ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendorong ekspor produk lokal. Lalu, ada juga e-commerce yang bekerja sama dengan berbagai investor untuk membantu UMKM lokal. Contohnya, BRI Ventures yang berinvestasi di Bukalapak untuk membantu 13,5 juta pelapak lokal
Selain itu, masih banyak lagi produk-produk lokal yang sudah menerapkan berbagai standar kualitas internasional. Dari mulai brand fashion, kecantikan, pernak-pernik, kuliner sampai elektronik sekalipun. Beberapa di antaranya bahkan sudah menjadi konsumsi sehari-hari di luar negeri. Jadi tunggu apalagi, sudah saatnya kita berselancar mencari produk lokal favorit dan dukung brand-brand Indonesia untuk bersaing dengan brand luar.

Bobb juga enggak mau kalah nih, buat kalian yang pengen banget beli produk lokal tapi budget-nya minim atau mungkin lagi hemat. Bobb mau traktir kalian para pembaca artikel Talkabot buat jajan produk lokal, Gimana caranya? Yuk klik tombol di bawah ini, buat ikutin syarat dan ketentuannya.