Berikut Cara Memaksimalkan Peran Admin Online Shop

Berikut Cara Memaksimalkan Peran Admin Online Shop

Siap Hadapi Tantangan Tren Ecommerce Tahun 2021
Januari 28, 2021
E-commerce vs Social Commerce, Pilih Mana?
Februari 5, 2021
Berkembangnya bisnis digital di masa pandemi membuat persaingan pasar semakin ketat. Para pebisnis berlomba mencari cara untuk dapat menarik konsumen agar dapat tertarik dengan toko online beserta produknya. Salah satu hal yang perlu digarisbawahi dalam bisnis digital adalah kamu harus menempatkan diri atau mencari orang yang mau ditempatkan sebagai admin yang akan melayani pembeli. Admin online shop ini bertugas memberikan layanan terbaik kepada pembeli serta merekap pesanan yang masuk.
Mungkin sebagian dari kamu berpikir, bahwa pekerjaan admin online shop itu merupakan sesuatu yang gampang. Tinggal operasikan gadget atau smartphone terus sambungin ke internet, jadi deh. Namun, fakta dilapangan menunjukkan, tidak semudah itu.
Pada dasarnya admin online shop sangat berpengaruh pada kesuksesan dari bisnis yang kamu jalani. Mereka adalah orang yang akan mengenalkan produk/jasa yang dijual kepada pelanggan. Bahkan kemungkinan besar, balasan chat dari admin akan berpengaruh pada ketertarikan pembeli terhadap produk yang dijual.
Nah, agar tidak salah langkah beberapa harus diperhatikan agar admin online shop-mu dapat bertugas secara maksimal. Yuk simak, uraiannya di bawah ini:

1- Mengukur Responsiveness Admin

Kamu perlu mengetahui seberapa cepat respon dari admin online shop-mu dalam menjawab pesan yang masuk dari konsumen. Semakin cepat admin membalas pesan akan semakin bagus juga penilaian konsumen. Ingat, konsumen bisa saja langsung berpindah ke online shop lain karena pesannya tak kunjung dibalas oleh admin. Selanjutnya, pastikan admin menjawab pesan dengan tepat dan tidak asal-asalan.
Selain itu, penting juga untuk kamu mengukur seberapa cepat admin menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan dari konsumen. Jika admin kamu dapat menyelesaikan dengan cepat dan berujung dengan pembelian produk/jasa, tentu saja itu akan sangat baik untuk bisnismu.
Lantas, bagaimana cara mengukurnya? Kamu bisa mengontrol satu persatu kinerja adminmu dan melakukan evaluasi secara berkala. Namun, apabila kamu kewalahan, sekarang tersedia aplikasi yang dapat memantau kecepatan respond dan penyelesaian masalah dari setiap admin.

2- Memastikan Admin Assurance

Pastikan admin online shop-mu selalu mengedepankan etika saat berinteraksi dengan konsumen. Gunakan bahasa yang sopan dan tentunya mudah dimengerti. Perhatikan juga tanda baca dan jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan emoticon. Hal ini berfungsi untuk menghindari kesalahpahaman yang akan terjadi antara admin dan konsumen saat berinteraksi.
Jangan lupa untuk selalu memerhatikan emosi dari admin online shop-mu. Kamu harus harus memastikan ia bekerja dengan profesional dan tidak melibatkan emosional ketika menjawab pertanyaan konsumen. Meskipun mood-nya dalam keadaan yang kurang baik.

3- Mengukur Admin Conversation Rate Order

Pastikan bahwa admin online shop dapat mengarahkan pembeli pada percakapan pembelian. Hal ini penting untuk diperhatikan, seberapa besar peran admin dalam menarik konsumen untuk membeli produk/jasa. Dalam hal ini, kamu bisa memaksimalkan kinerja admin hingga mengusahakannya menjadi transaksi jua-beli. Tidak semata hanya formalitas untuk menjawab pertanyaan yang datang dari konsumen.

4- Meningkatkan Customer Satisfaction Score

Mengetahui kepuasan konsumen pada pelayananmu sangatlah penting. Dari situ kamu bisa melakukan berbagai evaluasi dan perbaikan agar online shop-mu dapat berkemabnag semakin baik. Semakin bagus penilaian konsumen terhadap pelayananmu akan semakin besar kemungkinan konsumen untuk menjadi lebih loyal.
Lantas untuk mengukurnya, kamu bisa mengadakan post service survey atau survey kecil-kecilan kepada konsumen setelah proses tanya jawab atau transaksi berakhir. Mintailah kritik dan saran dalam bentuk rating, bintang, angka, ataupun emoji. Atau bisa juga kamu membuat sesi khusus kepada konsumen dengan membuat aplikasi atau form untuk menghasilkan laporan atau feedback dari konsumen

5. Menghadirkan Net Promoter Score (NPS)

Selanjutnya tolak ukur dalam memaksimalkan kinerja admin yang bermanfaat adalah mengetahui seberapa besar konsumen mau mempromosikan produk/jasamu kepada orang lain. Cara mengetahuinya bisa melalui survey yang berbarengan dengan tanggapan kritik dan saran. Kamu bisa menanyakannya secara langsung kepada konsumen tentang kesediaannya dalam mempromosikan kembali produk/jasa yang ia beli. Hasil dari survey ini sangat membantumu untuk mengembangkan produk/jasa termasuk pelayanan yang diberikan oleh tokomu.
Bagaimana? Apakah kamu sudah melakukan kelima poin tersebut? Jika kamu merasa cara di atas cukup rumit untuk dilakukan. Tenang!!! Kami siap membantumu untuk memaksimalkan kinerja admin online shop-mu. Melalui fitur chatbot dari Talkabot, kamu akan mendapatkan berbagai fitur canggih yang tentunya sangat baik untuk bisnismu. Tunggu apalagi, segera cari tahu di sini atau segera hubungi Bobb ya!!!