Brand Lokal Terkenal yang Dikira Produk Luar Negeri
Kode OTP
Kirim Kode OTP via SMS atau via WhatsApp, Pilih Mana?
Maret 19, 2021
Meningkatkan Revenue Bisnis dengan Menggunakan WhatsApp
Maret 26, 2021

Brand Lokal Terkenal yang Dikira Produk Luar Negeri

Brand Lokal
Beberapa saat lalu, netizen Indonesia khususnya pecinta drama Korea dihebohkan dengan merek permen asal Indonesia yang menjadi salah satu pengiklan dalam drama Kprea bertajuk “Vincenzo”. Bukan hanya iklannya, Kopiko juga menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat Korea setelah terungkap berasal dari Indonesia. Mereka memberikan reaksi tidak terduga seperti:
“Waw, permennya sangat enak”,
“Oh, aku punya banyak di rumahku, aku tidak tahu ini dari Indonesia”,
“Ibuku sangat suka permen ini”,
“Permen kopi Indonesia diterima, aku ingin membeli dan segera mencobanya”.
Untuk yang belum tahu, produk Indonesia ini juga pernah dibawa para astronot pergi ke luar angkasa lho. Para astronot yang bertugas di International Space Center tersebut, menghidangkan Kopiko saat merayakan Hari Thanksgiving di luar angkasa.
Hebatkan? Sebenarnya, banyak produk atau brand lokal Indonesia yang sudah mendunia dan malah seringkali dikira sebagai produk asing. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah berbagai merek atau brand asli Indonesia yang tidak kalah dari produk luar negeri, sebagai berikut:

1. Lea Jeans

Nama Lea Jeans sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Meski nama dan logo tampilannya berbau Amerika, tapi sebenarnya merek fashion ini milik Indonesia lho. Lea Jeans merupakan produk Indonesia berkualitas ekspor sehingga dipastikan tidak akan kalah saing dengan merek fashion luar negeri. Lea Jeans sendiri sudah ada sejak 1972, dibawah pimpinan Gani Sandjaja dengan pusat pembuatan di daerah Cimone, Tangerang.

2. J.co Donuts

Siapa yang tidak tahu J.Co Donuts? Brand makanan ini kini sudah menjadi salah satu merek yang terkenal di seluruh Indonesia. Dengan mengandalkan racikan internasional kini perusahaan lokal Indonesia ini juga tersebar di berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Philipina dan China.
J. Co pertama kali berdiri tahun 2005. Outlet pertama J.Co Donuts and Coffee dibuka di Supermall Karawaci. Saat ini J.Co masih terus berkembang dan menjadi salah satu makanan favorit yang tidak boleh ditinggalkan.

3. Silver Queen

Silver Queen adalah salah satu merek coklat terkenal di Indonesia. Kamu bisa mendapatkannya di mana pun baik di warung, mini market sampai ke super market. Banyak orang mengira bahwa Silver Queen ini adalah produk luar negeri karena dari segi pengemasan serta iklan yang seringkali menggunakan model orang asing. Namun, siapa sangka coklat Silverqueen ini merupakan produk asli Indonesia.
Silver Queen pertama kali diproduksi di Garut pada tahun 1950 dan menjadi coklat batangan pertama di dalam negeri. Sampai saat ini, Silver Queen telah berhasil bersaing dengan merek luar seperti Kitkat, Cadbury sampai Ferrero Rocher.

4. Polytron

Didirikan tahun 1975 di Kudus Jawa Tengah, Polytron merupakan salah satu anak perusahaan Djarum Group yang membuat berbagai macam elektronik. Seperti televisi, kulkas, speaker, mesin cuci, AC hingga ke smartphone.
Dari dulu hingga kini Polytron menjadi merek elektronik dalam negeri yang terkenal di Indonesia. Untuk ekspor, Polytron sendiri telah menyebar ke berbagai negara seperti Thailand, Myanmar, Bangladesh sampai ke Arab Saudi dan telah berhasil bersaing dengan produk buatan Jepang, China maupun Korea.

5. Make Over

Bagi pecinta produk kecantikan, pasti udah tidak asing lagi dengan produk Make Over dong. Namun, apakah kalian sudah tahu, bahwa merek satu ini merupakan salah satu kepunyaan Indonesia?. Sekilas memang, produk ini mirip dengan brand luar seperti Mac, NYX atau Make Up Forever. Akan tetapi make up asal Indonesia ini memiliki harga yang lebih terjangkau.
Meskipun murah, Make Over memiliki kualitas yang tidak kalah dengan brand high end yang telah lebih dulu beredar di pasar kosmetik global. Selain itu, Make Over selalu mengeluarkan produk baru dan membuat inovasi terbaru sehingga para pecinta Make Up tidak akan bosan. Make Over kini juga telah berhasil merambah ke pasar global dan tentunya tak kalah saing dengan make up asing yang menjadi kompertitornya.
Bagaimana? Keren-keren bukan? Apakah kamu sudah siap untuk menjadi salah satu pebisnis yang mendunia? Tentunya kamu juga perlu banyak mempersiapkan diri termasuk dalam menciptakan Amazing Customer Experience agar pelangganmu semakin loyal. Talkabot akan siap membantu setiap permasalahanmu agar dapat terhubung dengan pelanggan. Tunggu apalagi, yuk segera konsultasikan kepada Bobb.