Cara Mendapatkan 'Verified Badge' Centang Hijau di WhatsApp
Permudah Jalan Bisnis dengan WhatsApp Business API
Januari 22, 2021
Siap Hadapi Tantangan Tren Ecommerce Tahun 2021
Januari 28, 2021

Cara Mendapatkan ‘Verified Badge’ Centang Hijau di WhatsApp

Setelah mengenal keunggulan dari WhatsApp Busineess, rasanya berwirausaha menggunakan WhatsApp sangat patut untuk dipertimbangkan. Apalagi ketika bisnis mulai berkembang pesat. Sebagian orang pun bertanya, bagaimana agar WhatsApp Business bisa mendapatkan centang hijau atau dalam artian telah terverifikasi secara resmi?
Tanda centang hijau atau WhatsApp Verified Badge memang memiliki manfaat tersendiri bagi penerimanya. Akun dengan centang hijau dapat menambah trust atau kepercayaan dari pelanggan. Mengingat penjualan secara online sangat rentan dengan berbagai penipuan. Tidak terkecuali dengan banyaknya kasus penipuan saat bertransaksi di WhatsApp. Oleh karena itu, trust atau kepercayaan pelanggan menjadi satu hal penting yang harus dimiliki oleh pebisnis.
Dengan adanya centang hijau pada profil akun bisnis, pelanggan sudah tidak perlu ragu lagi dengan penjual ataupun perusahaan. Hal ini karena, perusahaan tersebut telah terverifikasi resmi dan sudah menjadi bagian dari bisnis yang diakui oleh WhatsApp.
Selain kepercayaan, akun WhatsApp dengan centang hijau juga dapat meningkatkan reputasi dari brand atau merk bisnis. Tidaklah heran, dua hal tersebut juga dapat berpengaruh pada peningkatan jumlah penjualan.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan centang hijau di akun WhatsApp bisnismu?

Secara resmi dalam website-nya, WhatsApp memang tidak memberikan cara khusus untuk mendapatkan centang hijau. Pihak WhatsApp mengatakan, bahwa perusahaan tidak bisa mengajukkan atau membayar agar akun bisnisnya bisa terverifikasi dan mendapatkan lencana hijau. Ada catatan juga bahwa verifikasi masih terbatas pada sejumlah kecil akun bisnis yang berpartisipasi di program percobaan.
Namun, untuk mengusahakannya, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran nomor ponsel bisnis atau perusahaan. Agar nomor tersebut dapat terkonfirmasi menjadi milik perusahaan yang bersangkutan. Maka dari itu, pastikan nomor yang didaftarkan oleh perusahaanmu, tidak terkait dengan akun WhatsApp lainnya.
Lalu, jangan lupa untuk memberikan informasi kelengkapan profil bisnismu dengan sebenar-benarnya. Dari mulai foto profil, nama dan deskripsi bisnis, alamat kantor, website sampai pada jam kerja.
Semakin cepat perkembangan bisnismu dan terkenal luas oleh masyarakat, maka, semakin cepat pula akun WhatsApp-mu akan terverifikasi dengan sendirinya. Jadi, mulai lakukan strategi agar bisnismu berkembang pesat ya!.
Namun, untuk kamu yang bisnisnya baru dan masih dalam tahap mebangun, tenang! Masih ada kemungkinan yang bisa membuat akun bisnismu mendapatkan lencana hijau dari WhatsApp.

Secara umum caranya dapat ditempuh, sebagai berikut:

Mendaftarkan bisnis di Penyedia Bisnis Solusi (BSP). BSP sendiri, merupakan penyedia solusi bisnis yang bisa menghubungkan bisnis kamu dengan WhatsApp Business API. Harus kamu ingat, verifikasi dilakukan oleh tim internal WhatsApp sehingga kamu harus menempuh berbagai cara agar bisa mendapatkannya. Nah, melalui BSP yang telah resmi bermitra dengan Facebook, kamu akan mendapatkan bantuan untuk mempermudah bisnis melalui WhatsApp Business API termasuk dengan mendapatkan WhatsApp verified badge.
Sebelum mendaftar, kamu perlu membuat akun Facebook Businees Manager, karena saat mendaftar di BSP kamu memerlukan ID pelanggan bisnis Facebook
Memberikan ID Facebook Bisnis pada BSP untuk dilakukan verifikasi
Menyutujui pengiriman pesan oleh BSP atas nama bisnis kamu kepada pelanggan
Selanjutnya, kamu perlu melakukan proses verifikasi kelengkapan profil dan kebijakan perusahaan. Pastikan, nama bisnis sesuai dengan Facebook Businees Manager dan WhatsApp Business API. Kemudian, kamu dapat melakukan submit data sebagai langkah terakhir dari proses ini.

Talkabot

Bagaimana? Apakah sudah cukup mengerti? Jika dirasa cukup rumit, jangan takut untuk bertanya ya. Sebagai salah satu BSP, kami dari Talkabot tentunya akan membantu kamu untuk membuat bisnis yang sedang kamu jalani semakin berkembang dan dikenal baik reputasinya oleh pelanggan.
Jadi tunggu apalagi, jika kamu tertarik untuk membuat bisnis lebih mudah dan mendapatkan trust atau kepercayaan yang baik dari pelanggan segera hubungi Bobb untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai bisnismu***