Cara Mengaktifkan Chatbot di WhatsApp - Talkabot Indonesia | Official Site
Brand Awareness
Manfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Brand Awareness
Februari 20, 2021
TikTok Luncurkan E-Commerce
TikTok Segera Luncurkan Fitur E-Commerce di Indonesia
Februari 26, 2021

Cara Mengaktifkan Chatbot di WhatsApp

Pernahkah kamu merasa kewalahan saat menjawab pesan pelanggan? Pertanyaan-pertanyaan mengenai produk, promosi, alur transaksi membludak masuk ke akun WhatsApp bisnis kamu. Belum lagi ada pelanggan yang tidak sabaran mengirimkan chat berulang-ulang karena belum mendapatkan balasan.
Hal-hal tersebut membuat perkerjaan terhambat karena fokusmu menjadi terpecah. Selain itu, kamu juga harus mengeluarkan tenaga dan waktu yang ekstra untuk membalas chat pelanggan.“Sungguh menjengkelkan, bukan?”
Untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini chatbot menjadi salah satu solusi yang banyak digunakan oleh para pebisnis. Dengan menggunakan chatbot kamu tidak perlu lagi khawatir kewalahan mengatasi pelanggan. Chatbot akan membantumu melayani pelanggan dengan cepat dan tepat, serta tentunya sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Lalu, apa itu Chatbot?

Chatbot sendiri merupakan sebuah program komputer yang berbasis Artificial Intelligence atau robot virtual yang menyediakan layanan obrolan dengan menirukan percakapan yang biasanya dilakukan oleh manusia. Teknologi ini juga dikenal sebagai asisten virtual yang dapat memahami atau memproses pertanyaan pengguna serta memberikan jawaban yang relevan dengan cepat. Baik itu dalam bentuk pesan suara, pesan teks maupun keduanya yang selanjutnya akan diaplikasikan pada WhatsApp, Line, Twitter, website dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, mungkin kamu pernah mengirim pesan pada sebuah toko online di WhatsApp atau Line. Belum lama pesan kamu terkirim, kamu sudah mendapatkan balasan secara otomatis. Nah, layanan ini disebut Chatbot.
Melihat manfaat dari chatbot tersebut, pebisnis memandangnya sebagai peluang untuk lebih dekat dengan pelanggan secara instan. Kenapa demikian? Perhatikan beberapa contoh di bawah ini:
Pebisnis bisa mengirim Whatsapp blast/ broadcast whatsapp ke 500 pelanggan. Kemudian, setelah terkirim, setiap balasan pesan dari pelanggan akan langsung chatbot balas dengan cepat selama 24 jam
Setiap kali ada chat pelanggan yang masuk, seperti “Produk ini harganya berapa?”, lalu "Apakah barangnya tersedia?" serta pertanyaan umum lain. Namun, pelanggan tak kunjung melakukan transaksi, akan dichat oleh chatbot untuk menanyakan kejelasannya
Setiap pelanggan yang sudah membeli dan meminta resi/ track resi, akan dijawab oleh chatbot
dan manfaat chatbot yang lainnya. Dengan fitur-fitur chatbot tersebut pebisnis bisa fokus untuk memikirkan strategy broadcast dan produksi dibanding dengan menjawab chat yang sama secara terus menerus. Tidak hanya itu, selain bisa lebih fokus memantau perkembangan bisnis, kepercayaan dan kenyamanan pelanggan akan pelayanan bisnismu juga akan meningkat dan hal ini bisa mendorong pelanggan untuk dapat lebih loyal.

Mengaktifkan Chatbot WhatsApp atau WA Bot

Kembali pada permasalahan awal, chatbot menjadi solusi yang efektif saat kamu merasa kewalahan karena pesan WhatsApp yang masuk membludak. Untuk mengaktifkan chatbot di WhatsApp, kamu perlu menggunakan WhatsApp Business API. Dalam WhatsApp Business API, kamu akan mendapatkan fitur-fitur yang canggih untuk membantu permasalahan bisnis termasuk fitur chatbot.
Dengan fitur chatbot WhatsApp Business API, kamu bisa mengatur berbagai jawaban pesan yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Lalu, saat pertanyaan tersebut disampaikan pelanggan, WhatsApp akan menjawabnya secara otomatis. Oleh karena itu, perusahaan dapat mengirimkan respon kepada pelanggan setiap saat tanpa batasan waktu.
Sebanyak 80% percakapan dapat diotomatisasi oleh chatbot sehingga customer service hanya perlu melakukan pekerjaan yang penting untuk ditangani secara langsung. Hal ini dapat mengoptimalkan kinerja customer service perusahaan dan meringankan kerjanya dalam menjalankan tugas. Pebisnis juga tidak perlu lagi merasa khawatir kehilangan pelanggan karena telat menjawab chat.
Namun, meskipun sudah pasti akan memiliki banyak manfaat, saat memutuskan untuk mengaktifkan chatbot, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Hal ini agar chatbot dapat berguna sebagaimana mestinya dan tidak salah menjawab saat pertanyaan pelanggan masuk. BErikut ini, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat mengaktifkan chatbot:
Bot harus bisa menyesuaikan dengan pelanggan, bukan pelanggan yang menyesuaikan diri dengan bot
Pastikan flow perbincangan dari bot tepat dan sesuai dengan keinginan pelanggan. Hal ini bisa diakukan dengan cara melihat FAQ yang sudah ada dan meminta mereka test flow-nya terus menerus
Pastikan bot selalu cepat
Pastikan bot mengerti konteks pembicaraan pelanggan
Pastikan bot dapat meminta customer service untuk ambil alih chat, jika pertanyaan pelanggan tidak dapat dimengerti bot

Talkabot Indonesia

Lantas, untuk mendapatkan layanan chatbot dan fitur canggih dari WhatsApp Business API, kamu perlu bekerja sama dengan pihak ketiga atau penyedia layanan solusi bisnis. Talkabot adalah salah satu penyedia layanan yang tepat dan terpercaya. Teknologi dan pengalaman tim Talkabot akan membantumu membuat chatbot terbaik untuk melayani pelanggan dan menciptakan amazing customer experience.
Informasi lebih lanjut tentang layanan chatbot dari Talkabot kamu bisa mengaksesnya di sini atau jangan ragu untuk segera hubungi Bobb agar permasalahan dalam bisnismu cepat terselaikan.***