Ketahui Rahasia Headline Menarik dalam Copywriting Iklan Populer
Red Ocean
Red Ocean Strategy: Halalkan Segala Cara untuk Kalahkan Kompetitor Bisnis
Agustus 11, 2021
Broadcast
Tips Menulis Pesan Broadcast WhatsApp Ampuh Anti-Banned
Agustus 23, 2021

Ketahui Rahasia Headline Menarik dalam Copywriting Iklan Populer

Kamu pasti sering liat papan reklame dijalanankan? Dari yang ukurannya kecil kaya poster sampai yang segede gaban. Gambarnya simpel tapi kata-katanya sangat menarik perhatian bahkan mudah diingat. Dalam reklame tersebut, ada yang sekadar menampilkan slogan produk atau juga ada yang menuliskan copy menarik untuk memancing audiens agar menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.
“Sprite: Nyatanya Menyegarkan”
“Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro”
“Aku dan kau suka Dancow”
“Rumah Indah, Bebas Kuman Bersama Nippon Pain”
Lalu, copy dalam kalimat iklan di bawah ini:
“Bebas bokek, kirim uang kemana aja, Pakai Dana Hidup #Bebasdrama”– Dana
“Teman Tanggal Merah, Merdeka dari rasa bosan dan khawatir dengan diskon kemerdekaan”- Traveloka;
dan masih banyak lagi copy menarik yang digunakan oleh berbagai produk. Bobb juga suka banget nih sama salah satu copy yang dipake sama Gojek Indonesia.
“Gak telat, walau jalanan padat”
Rasanya pas banget dan tepat sasaran, terus punya kandungan rima juga jadi gampang diinget sama orang yang liat reklamenya di jalan. Kamu juga bakalan bisa kok, bikin copy kaya gitu. Gimana nih Bobb caranya? Simak di bawah ini ya..

Formula Copywriting Gojek Indonesia

Di artikel sebelumnya Bobb pernah cerita soal formula PAS (problem, agitate dan solve) dalam copywriting dan yang harus kamu tahu, formula dalam copywriting tersebut banyak jumlahnya. Kamu bisa gunain formula-formula tersebut untuk memperbaiki kalimat penjualan atau copy dalam iklan yang kamu buat.
Nah, kali ini kita bakal bahas formula coywriting yang dipakai oleh Gojek Indonesia dalam reklame dengan headline “Gak telat walau jalanan padat”. Formulanya sebagai berikut:
Hope = harapan/ tujuan
Hope + Reality = harapan/tujuan + Kenyataan
Hope + Problem = harapan/tujuan + masalah
Bobb coba uraikan ketiganya ya:

HOPE= harapan/ tujuan

Pertama untuk Formula Hope, kamu hanya akan menuliskan manfaat yang akan memenuhi harapan dari pelanggan, misalnya.
“Rumah Idaman, Terbebas dari Kuman”
Rumah idaman yang bebas kuman merupakan Hope atau harapan yang diinginkan oleh pelanggan. Selanjutnya, di badan iklan kamu bisa tambahkan kalimat untuk meyakinkan pelanggan agar mereka percaya akan klaim tersebut. Formula Hope ini juga digunakan oleh Iphone dalam landing page website-nya:
“Iphone idaman. Dengan harga impian”
Untuk memakainya, coba kamu analisis produk kamu dan cari manfaat atau keunggulan dari produk kamu yang paling ingin kamu tonjolkan. Buatlah kalimat yang berima agar mudah diingat serta pastikan copy-mu tetap simpel ya.

HOPE+Reality

Untuk formula selanjutnya, yaitu hope+reality, di mana kamu akan memakai copy harapan atau tujuan yang diinginkan pelanggan berjalan beriringan dengan kenyataan yang dialami oleh pelanggan. Misalnya untuk iklan skin care:
“Tetap awet muda, meski sudah berkepala tiga”
atau headline yang dipakai Pond’s berikut:
Hope-nya adalah tetap awet muda sementara kenyataannya sudah melewati kepala tiga. Sementara itu, untuk headline yang digunakan oleh Pond's, yang menjadi Hope adalah cerah seketika, meskipun pada kenyataanya pelanggan hanya memakai produk Pond's dalam artian 0% pemakaian makeup.
Dalam formula ini, kamu bisa memberikan penawaran kepada pelanggan dengan menunjukan manfaat yang akan mereka dapatkan sesuai dengan kenyataan yang terjadi setelah pemakaian produk tersebut. Bisa juga kamu memberikan pernyataan kepada pelanggan bahwa dengan menggunakan produk yang kamu jual, mereka bisa mengurangi usaha yang harus dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Misalnya:
“Rambut lembut, hitam, anti rontok, hanya dengan 1 produk”
Pada umumnya, sampo memiliki jenisnya tersendiri untuk mengatasi masing-masing masalah. Untuk rambut hitam dan kuat, pelanggan akan menggunakan sampo berwarna hitam dengan manfaat khusus agar rambut hitam legam. Sementara untuk mendapatkan manfaat lebih lanjut seperti rambut lembut dan halus mereka harus membeli conditioner.
Nah, dengan produk 3 in1 ini, satu manfaat akan pelanggan dapatkan padahal hanya menggunakan satu produk saja.

HOPE+Problem

Formula yang terakhir ini adalah formula yang digunakan oleh Gojek Indonesia dalam iklannya. Mari kita perhatikan copy-nya di bawah ini:
Nah kalau yang ini kayaknya bakal lebih mudah diterapkan. Kamu tinggal bubuhkan manfaat yang akan pelanggan dapatkan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh pelanggan.
“Gak telat” merupakan hope, semantara “Jalanan padat” merupakan masalah.
Kamu bisa mencari masalah yang sering dialami oleh pelanggan kemudian menawarkan harapan yang akan mereka dapatkan dengan menggunakan produkmu. Kalimat yang digunakan Gojek sangat sederhana dan mudah diingat, mereka juga menempatkan iklan tersebut di papan reklame yang notabene-nya sering dilihat orang saat sedang bepergian. Makanya, Bobb seneng banget nih sama trik marketingnya Gojek, copy-nya bagus pun dengan penempatan iklannya yang tepat sasaran.
Gimana, udah paham kan? Selain copy yang bagus, ingat juga untuk menempatkan iklan di tempat yang benar ya, agar kerja kerasmu langsung sampai pada sasarannya terus enggak capek dua kali. Buat yang pengen tahu gimana caranya nargetin sasaran iklan yang bener bisa dibaca di sini ya. Atau kalau mau tanya Bobb langsung juga boleh