Kirim Kode OTP via SMS atau via WhatsApp, Pilih Mana?
WhatsApp Multi user
Mengenal WhatsApp Multiple User
Maret 15, 2021
Brand Lokal
Brand Lokal Terkenal yang Dikira Produk Luar Negeri
Maret 21, 2021

Kirim Kode OTP via SMS atau via WhatsApp, Pilih Mana?

Kode OTP
Kode OTP: 012345. Hati-hati penipuan! Kode ini hanya untuk kamu, jangan berikan ke siapapun. Pihak kami tidak pernah meminta kode ini pada pelanggan.
Sebagian besar pengguna smartphone pasti pernah menerima pesan tersebut. Pesan kode OTP ini akan masuk agar kamu bisa log in ke suatu akun yang berhubungan dengan salah satu nomor ponselmu. Biasanya sih pesan ini masuk via SMS atau email. Namun, kini banyak juga perusahaan yang sudah menggunakan WhatsApp untuk mengirim kode OTP.

Apa itu kode OTP?

Melansir dari suara.com kode OTP atau One Time Password adalah sebuah mekanisme teknologi untuk menghasilkan kata sandi sekali pakai yang akan dikirimkan ke nomor ponsel pengguna yang terdaftar untuk mengakses suatu akun atau situs web.
OTP dipergunakan untuk menjaga pemilik akun dari berbagai masalah. Misalnya dari pencurian data, penyalahgunaan identitas, penipuan termasuk kejahatan siber seperti phising dan hacking.
Kode OTP akan muncul saat nomor digunakan perangkat lain. Kode tersebut biasanya akan dikirimkan via SMS ke nomor ponsel yang didaftarkan. Jika tidak ada kode OTP yang diberikan, maka pengguna tidak dapat menggunakan akun ataupun masuk ke website tertentu. Makanya, OTP ini sangat penting dan perlu dijaga dengan baik,

Kirim OTP via SMS atau via WhatsApp?

Akhir-akhir ini muncul keluhan tentang kode OTP yang tak kunjung terkirim ke nomor ponsel. Sebagian orang megatakan penggunaan SMS untuk mengirimkan OTP kurang efektif. Mereka menyarankan aplikasi WhatsApp sebagai alternatif pengiriman OTP karena lebih cepat dan juga mudah. Hal ini mengingat WhatsApp sudah menjadi aplikasi mesangger yang umum digunakan oleh sebagian besar orang. Lantas, muncul lagi pertanyaan lain, lebih aman mana kirim OTP via SMS atau WhatsApp?
Selain efektivitas, tentunya kita harus memperhatikan keamanan dong. Melansir dari detik inet, Ruby Alamsyah, pakar keamanan cyber mengatakan pengalihan sistem pengiriman OTP ini tidak signifikan pengaruhnya terutama untuk keamanan. Pasalnya, baik SMS atau aplikasi pesan instan keduanya bisa saja dibajak atau diambil alih oleh pihak yang tidak bertanggung jawab melalui cara-cara tertentu.
Namun, jika alasannya karena efisiensi waktu dan kemudahan pelanggan dalam mengakses kode OTP, menurut Ruby hal ini sangat relatif dan sah saja jika digunakan. Asal dipastikan dulu seluruh jaringan yang dipergunakan aman, sehingga tidak merugikan bagi masyarakat.

Keuntungan mengirim kode OTP via WhatsApp

Saat ini telah banyak perusahaan yang mengirim kode OTP via WhatsApp. Cara ini dinilai lebih efisien dan lebih murah dari pada menggunakan channel lain seperti SMS atau email. WhatsApp juga menawarkan keunggulan lain dalam pengiriman OTP yaitu dalam hal kemanan.
Berbagai pihak mengklaim mengirim kode OTP melalui WhatsApp lebih aman karena langsung dikirim ke pelanggan tanpa melewati pihak ketiga. Seperti halnya mengirim kode OTP melalui SMS yang harus melalui provider terlebih dahulu, sebelum sampai kepada pelanggan. Selain itu, WhatsApp memiliki keamanan end-to-end enkripsi untuk setiap pesan yang dikirim kepada pelanggan.
Lalu, yang paling penting untuk bisinis adalah kemudahan bagi pelanggan. Keamanan dan kenyamanan pelanggan menjadi poin pertama yang harus dijaga oleh pebisnis. Oleh karena itu, Talkabot siap membantu para pebisnis untuk menciptakan amazing customer experience termasuk mengalihkan pengiriman OTP ke WhatsApp dengan aman dan memuaskan.
Bagaimana? Apakah sudah menentukan akan mengirim OTP via SMS atau via WhatsApp?
Talkabot punya pesan untuk pebisnis maupun pelanggan untuk selalu menjaga keamanan akun! Ingat, jangan sembarangan dalam mengirimkan kode OTP kepada siapapun. Lalu, tetaplah waspada terhadap berbagai usaha penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.