Manfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Brand Awareness

Manfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Brand Awareness

Februari 20, 2021
Broadcast whatsApp
Mengirim Pesan Broadcast WhatsApp Anti-Banned
Februari 19, 2021
Cara Mengaktifkan Chatbot di WhatsApp
Februari 24, 2021
Jualan di media sosial menjadi salah satu metode yang paling menjanjikan di masa kini. Hal ini karena ada jutaan orang yang aktif di media sosial setiap harinya. Perannya dalam bisnis telah menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Sampai saat ini, banyak perusahaan yang sudah mengalihkan biaya promosi khusus untuk meningkatkan efektivitas penggunaan media sosial, termasuk untuk meningkatkan brand awareness di kalangan masyarakat.
Brand awareness sendiri adalah ingatan-ingatan yang muncul terhadap merek dagang. Perusahaan yang berhasil meningkatkan brand awareness akan membuat orang mengingat merek-nya ketika sedang memikirkan suatu produk. Misalnya, ketika ingin membeli sabun mandi, merk apa yang ada yang ada di pikiranmu? Itulah yang dinamakan brand awareness.
Saat ini, banyak bisnis yang berhasil meningkatkan brand awareness melalui media sosial dari mulai clothing lokal, fashion muslim, aksesoris sampai pada kuliner yang viral. Tentu saja dengan adanya brand awareness dari masyarakat, bisnismu akan semakin terkenal dan dapat meningkatkan jumlah penjualan.
Talkabot akan membagikan tips meningkatkan brand awareness dengan berjualan di media sosial:

1. Perhatikan target pasar dan jenis media sosial

Bisnis kamu pasti punya target pasar yang jadi sasaran bisnis kamukan? Nah, jika sudah coba cocokkan dengan jenis media sosial yang kamu gunakan untuk berjualan. Pahami juga karakteristik media sosial tersebut seperti tentang penggunanya, konten apa yang sekiranya akan menarik untuk diunggah dan jangan lupa untuk selalu update tentang trend di media sosial tersebut.
Jangan sampai kamu salah membuat konten ya, usahakan tampilannya semenarik mungkin, agar pengguna media sosial mau berselancar lebih lama di akun bisnismu. Hal ini memungkinkan pengunjung atau calon pelanggan akan mengingat brand bisnismu.

2. Fokus dan tetap pada target

Hal yang penting dalam berjualan di media sosial bukan hanya pada jumlah penjualan tapi juga meningkatkan engagement pelanggan. Kamu harus fokus pada target pasar dan pahami apa yang selalu membuat mereka tertarik. Buatlah target pencapaian media sosial seperti jumlah followers, likers, interaksi dan lain sebagainya.
Ingat yang akan dibangun di sini bukan hanya penjualan tapi juga brand awareness, tidak hanya memuaskan dengan produk, kamu juga harus bisa membuat pelanggan merasa nyaman dengan konten media sosial dan pelayananmu.

3. Buat strategi kreatif dan berbeda

Lalu lintas media sosial yang tinggi membuat media sosial menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk berbisnis. Namun, kamu juga akan diuji untuk selalu kreatif dan bisa menciptakan berbagai strategi marketing yang menarik dan berbeda karena persaingan antar bisnis akan semakin ketat.
Maka dari itu, buatlah program dan konten menarik yang akan memberikan value yang lebih bagi konsumen. Kamu bisa memanfaatkan strategi viral marketing, melalui gabungan antara konten atau program kreatif yang kamu buat dengan hal yang viral saat ini. Tapi alangkah baik, jika kontenmu sendiri bisa menciptakan suatu yang viral. Semakin viral strategi kreatif yang kamu buat, semakin mudah juga orang mengingat merek bisnismu.
Mengadakan program seperti giveaway dengan syarat tertentu juga bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menetapkan syarat tertentu seperti follow lalu menandai teman untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Program giveaway ini juga bisa menaikkan brand awareness terhadap bisnismu.

4. Ciptakan kerja sama dan pasang iklan

Kamu dapat mengadakan kerja sama dengan bisnis lain untuk saling mengiklankan produk masing-masing. Kerja sama ini bersifat mutualisme, untuk meperluas jaringan dan memperkenalkan bisnismu. Semakin kuat jaringan yang dimiliki partner akan semakin menguntungkan juga untuk bisnismu.
Selanjutnya, kamu juga bisa mulai menggunakan jasa endorse atau kerja sama dengan orang berpengaruh di media sosial. Orang tersebut biasanya memiliki banyak pengikut di mesia sosialnya. Dengan kerja sama tersebut memungkinkan untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu.
Memasang iklan di media sosial juga bisa menjadi pilihan. Sekarang banyak media sosial yang menyediakan layanan iklan berbayar untuk promosi. Kamu bisa mempertimbangkannya karena target promosi terjamin tepat sasaran. Kamu bisa mengatur sendiri dari karakteristik khalayaknya dari mulai usia sampai target wilayah.
Terakhir, jangan lupa untuk selalu lakukan evaluasi secara keseluruhan baik dari perkembangan akun media sosial maupun strateginya***