Mengenal WhatsApp Multiple User - Talkabot Indonesia | Official Site
UMKM Indonesia
Prediksi Gojek Soal UMKM Indonesia di Tahun 2021
Maret 11, 2021
Kode OTP
Kirim Kode OTP via SMS atau via WhatsApp, Pilih Mana?
Maret 19, 2021

Mengenal WhatsApp Multiple User

WhatsApp Multi user
Akhir tahun lalu, muncul rumor tentang fitur baru WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan satu nomor WhatsApp di banyak perangkat secara bersamaan. Kita juga bisa mengenalnya dengan WhatsApp multiple user atau WhatsApp multiple device.
Mungkin fitur ini sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Terutama mereka yang sedang bergelut dengan dunia bisnis online dan memiliki pesanan yang membludak sehingga diperlukan penanganan oleh beberapa orang.
Pebisnis bahkan memerlukan lebih dari satu nomor karena untuk saat ini WhatsApp hanya bisa digunakan oleh dua perangkat (ponsel dan personal computer melalui WhatsApp Web) dengan syarat kedua perangkat tersebut harus saling terkoneksi dengan internet.
Sementara itu, dalam fitur baru WhatsApp multiple user ini, mendukung sejumlah perangkat tanpa harus terhubung dengan perangkat utama. Pengguna bisa bebas menggunakan satu nomor secara bersamaan dalam empat perangkat sekaligus. Isi pesan chat juga bisa disinkronisasi melalui koneksi Wifi sehingga isi pesan dalam perangkat yang digunakan dapat sinkron satu sama lain.

Lantas, kapan sih fitur ini akan direaliasasikan oleh WhatsApp?

Melansir dari bisnis.com fitur ini sedang dalam tahap pengembangan dan pengujian lebih lanjut karena beberapa opsi beberapa perangkat yang masih belum siap. Nah, sembari menunggu fitur ini rilis, sebenarnya kamu bisa menggunakan WhatsApp multiple user atau fitur WhatsApp banyak admin melalui WhatsApp Business API. WhatsApp Business API memiliki banyak fitur canggih yang akan membantu bisnis online lebih mudah dan menyenangkan.

Keuntungan WhatsApp Multiple User dari WhatsApp Business API

Bagi pebisnis WhatsApp Multiple User akan sangat membantu dalam mempermudah komunikasi antara penjual dan pelanggan. Hal ini karena jika ada dua atau lebih nomor kontak WhatsApp akan membingungkan pelanggan dalam memilih nomor yang harus dihubungi.
Lalu, tentunya dua atau lebih nomor yang berbeda juga bisa membingungkan admin/customer service. Mereka akan dibebankan dengan banyak hambatan, mulai dari pesan masuk yang berulang karena pelanggan yang tidak sabar, tumpang tindih pesan serta yang paling fatal adalah terjadi kesalahpahaman.
Namun dengan WhatsApp Multiple User, pebisnis dapat leluasa menggunakan satu nomor WhatsApp dengan jumlah pengguna atau perangkat yang tidak terbatas. Selain itu, fitur ini juga akan memudahkan pebisnis untuk mengelola pesan yang masuk, sehingga dapat ditangani sesuai dengan porsinya.
Berikut beberapa uraian kenapa bisnis kamu perlu menggunakan fitur WhatsApp Multiple User dari WhatsApp Business API:

1. Satu WhatsApp Banyak Admin

Seperti yang telah dijelaskan mengenai keuntungan dari fitur WhatsApp Multiple User, semua admin bisa akses dan jawab pesan pelanggan secara bersamaan dalam satu nomor WhatsApp. Pebisnis hanya perlu memilih satu nomor WhatsApp untuk segala urusan bisnisnya mulai dari pelayanan customer service, proses transaksi jual-beli, pengiriman kode OTP, broadcast pesan untuk promosi dan lain sebagainya.

2. Sistem Routing Admin di Cabang Perusahaan

Pebisnis yang memiliki banyak cabang seringkali dibingungkan dengan pesan masuk dari pelanggan dari berbagai daerah. Mereka harus bekerja ekstra untuk mengarahkan pelanggan untuk dapat terhubung dengan admin cabang terdekat. Dengan WhatsApp Multiple User semua bisa teratasi dengan mudah.
Sistem Routing admin akan mengarahkan pesan pelanggan yang masuk untuk dilayani langsung oleh admin yang tepat. Tentunya dengan menggunakan satu nomor WhatsApp yang sama.
Misalnya, pelanggan di daerah Bandung menghubungi nomor bisnis kamu. Melalui sistem routing ini, pesan tersebut akan secara langsung diarahkan pada admin perusahaan cabang di Bandung. Kamu hanya perlu mengklik satu tombol untuk memilih siapa atau admin mana yang akan menjawab pertanyaan pelanggan.

3. Memudahkan Mengelola dan Mengontrol Pesan

Dengan menggunakan satu nomor, akan memudahkan pengelolaan pesan yang masuk. Pebisnis juga dapat memantau pesan agar tidak terjadi tumpang tindih dan menghindari berbagai kesalahpahaman dengan sesama admin atau dengan pelanggan selama berinteaksi. Seluruh pesan dan data pelanggan yang masuk akan tersimpan secara otomatis tanpa perlu melakukan sinkronisasi atau penyimpanan riwayat pesan secara manual.

4. Mendapatkan Laporan dan Analisa

Salah satu keuntungan yang paling penting dari penggunaan WhatsApp Business API adalah kamu akan mendapatkan analisa dari seluruh aktivitas yang berlangsung dalam akun WhatsApp bisnis. Laporan tersebut bisa diberikan secara real time atau berdasarkan akumulasi mingguan.
Data laporan dapat berupa jumlah pesan masuk dan keluar, waktu kecepatan respon termasuk juga analisa kebiasaan pelanggan. Hasil laporan tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan aktivitas pelayanan serta mengembangkan jalannya interaksi dengan pelanggan agar lebih menarik dan berakhir pada proses transaksi.
Untuk mendapatkannya kamu perlu bekerja sama dengan pihak ketiga yang merupakan partner resmi dari WhatsApp, salah satunya adalah Talkabot Indonesia. siap membantu setiap permasalahan dan perkembangan bisnismu agar semakin maju dengan berbagai fitur dan teknologi canggih yang tentunya akan menciptakan amazing customer experience.