Mengirim Pesan Broadcast WhatsApp Anti-Banned
Tren Marketing Berbasis Live Streaming Meningkat Tajam di Indonesia
Februari 17, 2021
Brand Awareness
Manfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Brand Awareness
Februari 20, 2021

Mengirim Pesan Broadcast WhatsApp Anti-Banned

Broadcast whatsApp
Pesan broadcast di WhatsApp merupakan salah satu cara digital marketing yang saat ini mulai dilirik oleh para pebisnis online. Selain sebagai perantara untuk melakukan pemasaran dan promosi, pesan broadcast juga cocok digunakan untuk berbagai pemberitahuan yang berhubungan dengan produk, pesanan, user, kerja sama, konten blog dan lain sebagainya.
Dengan pesan broadcast, berbisnis dalam skala yang besar akan lebih mudah. Pebisnis dapat melakukan direct marketing ke banyak pelanggan secara praktis. Komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih cepat tanpa harus buang-buang banyak tenaga.
Namun, sebelum kamu menggunakan pesan broadcast pada WhatsApp bisnis, kamu harus mengetahui berbagai aturan yang diterapkan WhatsApp. Hal ini sangat penting kamu perhatikan untuk menghindari pemblokiran dari pihak WhatsApp.
Dalam halaman resminya, WhatsApp menghimbau kepada pengguna untuk tidak melakukan tindakan spamming kepada pengguna lain. Inilah kenapa banyak pengguna yang terkena blokir oleh pihak WhatsApp. Selain itu, jika mereka merasa terganggu dengan pesan broadcast-mu, kemungkinan besar, kamu bisa dilaporkan secara langsung melalui fitur report, spam atau blokir. Apalagi jika nomor kamu tidak tersimpan dalam kontak, mereka berhak melakukan tindakan di atas.

Lalu, bagaimana agar akun WhatsApp-mu bisa aman melakukan broadcast informasi tanpa takut terkena blokir?

Saat ini banyak sekali vendor bisnis atau pihak ketiga yang menyediakan solusi bisnis untuk memudahkan pebisnis. WhatsApp Business Solution atau WhatsApp Business API salah satunya. Dengan WhatsApp API ini, pebisnis tidak perlu lagi takut terkena blokir saat mengirimkan pesan broadcast ke banyak pelanggan.
Selain fitur broadcast anti blokir, WhatsApp Business API memungkinkan kamu untuk mengirimkan pesan tanpa perlu menyimpan nomor. Kamu juga akan mempunyai sistem pesan tersendiri, dimana kamu bisa mengatur isi pesan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Isi pesan WhatsApp bisa kamu hubungkan dengan media sosial, website atau e-commerce yang kamu miliki, sehingga pesan lebih efisien dan pelanggan dimudahkan dalam proses transaksi.
Selanjutnya, kamu dapat menikmati berbagai kemudahan lain dari fitur-fitur WhatsApp API, simak perbedaan antara WhatsApp broadcast biasa dengan WhatsApp Business API, berikut ini:

1. WhatsApp Broadcast Biasa

Fitur WhatsApp Broadcast merupakan fitur asli yang dimiliki oleh WhatsApp. Fitur pesan broadcast ini berfungsi untuk mengirimkan pesan atau informasi ke banyak titik sekaligus. tanpa melakukan pemeriksaan atau pengecekan apakah titik tersebut siap atau tidak menerima pesan tersebut. Pengirim juga biasanya tidak memperhatikan apakah data tersebut sampai atau tidak kepada penerima.
Hal yang harus kamu ketahui dari fitur ini adalah layanannya bersifat terbatas. Sebagai berikut:
Pesannya terbatas hanya sampai 256 orang penerima
Nomor yang kamu gunakan harus terdaftar di daftar kontak penerima, jika tidak, pesanmu tidak akan terkirim
Mudah terkena blokir/banned.

2. Fitur broadcast WhatsApp Business API

Fitur ini sering juga disebut sebagai WhatsApp Blast. Untuk mendapatkannya kamu perlu melakukan kerja sama dengan pihak ketiga penyedia jasa WhatsApp Business API. Berbagai keuntungan akan kamu dapatkan untuk mempermudah jalan bisnismu dalam hal mengirim pesan secara masal, diantaranya sebagai berikut:
Jumlah penerima tidak terbatas
Mengirim pesan hingga ratusan kontak dengan sekali klik tanpa buang tenaga
Nomor kontak pelanggan tidak perlu disimpan, dengan kata lain kamu bisa mengirim pesan kepada siapapun selama kontaknya tersimpan dalam database WhatsApp.
Bisa melakukan personalisasi pada isian pesan sesuai sistem yang kamu inginkan, sehingga informasi yang kamu sampaikan akan cukup jelas dan detail
Bisa mengatur jadwal pengiriman pesan
Anti banned system

Strategi Bisnis

Pesan broadcast WhatsApp Business API ini, bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup ampuh dalam pengembangan bisnis yang kamu jalani. Selain fitur pesan massal, ada banyak lagi kelebihan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan WhatsApp Business API. Maka dari itu, tunggu apalagi, segera aktifkan WhatsApp Business API dalam bisnismu. Untuk pertanyaan lebih lanjut kamu bisa menanyakannya pada Bobb.
Talkabot dengan senang hati akan membantu persoalan dalam bisnis yang sedang kamu alami.