Omnichannel: Satukan Banyak Aplikasi Chat dalam Satu Tempat
TikTok Luncurkan E-Commerce
TikTok Segera Luncurkan Fitur E-Commerce di Indonesia
Februari 26, 2021
Seller Asing Bunuh UMKM
Soal Seller Asing Bunuh UMKM Lokal, Begini Penjelasannya
Maret 7, 2021

Omnichannel: Satukan Banyak Aplikasi Chat dalam Satu Tempat

Omnichannel
Saat ini, punya banyak platform chat untuk melayani pelanggan itu sangat penting. Hal tersebut terjadi karena semakin banyak orang memanfaatkan teknologi belanja online dan semakin banyak pula ragam platform bisnis yang tersedia. Banyaknya jenis platform bisnis ini semakin memudahkan pelanggan untuk mengakses dan mendapatkan produk/jasa yang dibutuhkan. Namun, tentunya hal ini menjadi “PR” tersendiri bagis pebisnis.
Pebisnis perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengurus banyak platform yang dimilikinya. Dari mulai media sosial, messenger, e-commerce sampai ke website-nya sendiri. Pebisnis juga membutuhkan admin atau customer service untuk memenej masing-masing platform. Misalnya, kamu menggunakan WhatsApp, Line, Instagram, Facebook dan juga Website untuk melayani pelanggan. Itu artinya kamu harus mampu memantau dan melayani pelanggan di semua platform tersebut. Ingat! Jangan sampai ada pelanggan yang merasa terabaikan atau chat-nya tidak terbalas.
“Kalau layanan Customer Service tidak baik, brand-nya juga bisa jadi dipandang jelek oleh masyarakat”

Dimasz R, R&D dan Costumer Service Head dari Coconut Indonesia.

Mengenal Omnichannel

Untuk mengatasinya kamu perlu mengenal aplikasi Omnichannel. Dengan omnichannel pebisnis tidak perlu lagi ribet membuka satu-satu aplikasi untuk membalas chat pelanggan. Aplikasi Omnichannel akan mengintegrasikan seluruh platform atau channel yang dimiliki oleh pebisnis ke dalam satu tempat atau aplikasi khusus.
Customer Service atau admin akan menerima dan mengirim pesan dari WhatsApp, Line, Facebook, Instagram serta Website dalam satu aplikasi saja. Semua terintegrasi menjadi satu dan tidak perlu lagi ribet memantau pesan masing-masing channel yang digunakan. Kualitas pelayanan yang diberikan setiap channel akan terjaga dengan baik. Pelanggan akan mendapatkan pelayanan yang sama meskipun menghubungi penjual dalam platform atau channel yang berbeda.
Selain memudahkan pebisnis dan pelanggan, keuntungan lain yang akan didapatkan adalah pebisnis tidak perlu lagi khawatir ada pesan yang akan terabaikan. Kadang ada saja pengalaman di mana admin lupa mengecek Line atau Facebook hanya karena aplikasi tersebut jarang digunakan. Sehingga, pesan yang masuk telat dibalas atau malah terabaikan dan pelanggan pun kecewa. Duh… jangan sampe kejadian ya..

Lantas, apa sih yang membuat omnichannel begitu penting dalam bisnis saat ini?

Di masa pandemi yang belum juga selesai, tentunya belanja online masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat. Setiap hari lalu lintas masyarakat dalam mengakses berbagai platform bisnis online semakin meningkat, karena aktivitas di luar rumah dibatasi akibat adanya phisycal distancing. Dengan banyaknya aktivitas online yang dilakukan masyarakat, tentunya menjadi kesempatan untuk kamu membuka market seluas-luasnya.
Tidak perlu khawatir kewalahan dalam memenej masing-masing channel market yang kamu gunakan. Aplikasi omnichannel akan membantu kamu dalam melayani dan membalas pesan dari pelanggan. Apalagi dalam omnichannel ini, sudah tersedia fasilitas chatbot yang bisa menjawab pesan secara otomatis.
Oleh karena itu, aplikasi omnichannel bisa digunakan berbagai jenis bisnis, baik yang baru maupun sedang berkembang. Pebisnis bisa menghemat uang, waktu dan tenaga karena kinerja customer service bisa diminimalisasi menggunakan fasilitas dari omnichannel.

Tips & Trick

Nah, untuk menggunakannya, ada tips-tips dari Muliadi W Jeo, pendiri dan chief technology officer ICUBE yang perlu kamu perhatikan nih, sebelum memulai mengaktifkan aplikasi Omnichannel, yuk simak:
Pahami customer journey atau pengalaman pelanggan sebelum memulai Omnichannel. Pahami kebiasaan belanja mereka dari awal sampai akhir termasuk kebiasaan berbelanja online dan offline mereka
Memilih teknologi yang paling pas dan sesuai dengan pilihan belanja pelanggan. Jangan cuma ikut-ikutan hanya karena bisnis lain menggunakan channel tersebut. Sebuah bisnis harus memilih teknologi yang paling pas dengan kebutuhan belanja para pelanggannya
Mengintegrasikan semua pilihan teknologi baik online maupun offline menjadi satu data tunggal yang tidak terpisahkan, sehingga pelanggan mendapatkan pengalaman belanja yang tidak terputus-putus baik secara online ataupun offline.
Nah, sudah pahamkan? Jika kamu tertarik untuk berkonsultasi lebih lanjut, Talkabot Indonesia akan membantu kamu untuk mendapatkan kepuasan dalam menjalankan bisnismu. Tentunya dengan berbagai fasilitas yang bisa membantu setiap permasalahan dalam bisnismu, yuk segera hubungi Talkabot.
Untuk artikel lain mengenai Omnichannel kamu bisa mengaksesnya di sini.