Permudah Jalan Bisnis dengan WhatsApp Business API

Permudah Jalan Bisnis dengan WhatsApp Business API

startup unicorn indonesia
Perusahaan Indonesia yang Sukses dengan Go Digital
Januari 14, 2021
Cara Mendapatkan ‘Verified Badge’ Centang Hijau di WhatsApp
Januari 22, 2021
Seperti yang telah kita ketahui, saat ini WhatsApp merupakan aplikasi messenger yang paling populer di dunia. Tidak heran lagi, jika saat ini, hampir semua pengguna smartphone mempunyai aplikasi WhatsApp di dalamnya. Selain untuk komunikasi, sebagian pengguna WhatsApp juga telah memanfaatkan aplikasi ini sebagai media untuk berbisnis.
Pada tahun 2018, WhatsApp secara resmi telah merilis fasilitas khusus untuk memudahkan para pebisnis melalui aplikasi WhatsApp Business. Aplikasi ini didesain secara khusus untuk pebisnis berskala kecil. Melalui fitur-fitur WhatsApp Business ini, kamu dapat memperkenalkan bisnis dan melakukan promosi produk/jasa dengan lebih mudah.
Selain itu, yang paling penting kamu dapat memanfaatkan fitur WhatsApp Business untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan. Fitur Quick Reply dan beberapa basic response yang telah kamu atur dapat mempercepat respon kamu dalam membalas chat pelanggan. Kamu juga dapat memberikan label untuk chat dengan kategori tertentu.
Jika WhatsApp Business cocok digunakan untuk bisnis berskala kecil, WhatsApp juga menyediakan layanan yang sesuai untuk bisnis berskala menengah hingga besar yaitu WhatsApp Official Business.

Lalu apa sih WhatsApp Official Business itu?

WhatsApp Official Business atau juga dikenal dengan WhatsApp Business API, didesain khusus untuk dapat terintegrasi dengan software lain milik perusahaan seperti dengan sistem CRM (Custumer Relationship Management), e-commerce, akun media sosial, layanan customer service dan lain sebagainya. API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yaitu serangkaian code yang mampu membangun komunikasi dan berinteraksi dengan software yang digunakan perusahaan. Software tersebut nantinya akan terkoneksi dengan akun WhatsApp.
Dengan menggunakan WhatsApp Business API perusahaan akan mampu melakukan interaksi dengan pelanggan secara lebih efisien, melalui aplikasi WhatsApp yang telah terintegrasi dengan system program pada software milik perusahaan.

Apa keuntungan menggunakan WhatsApp Official Business?

WhatsApp Official Business, didukung oleh fitur-fitur canggih yang tidak dimiliki oleh WhatsApp biasa. Selain bisa terintegrasi dengan sistem lainnya, salah satu fitur yang paling menarik adalah fitur chatbot. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mengatur berbagai jawaban pesan umum yang sering ditanyakan oleh pelanggan, sehingga WhatsApp akan menjawab secara otomatis apabila pelanggan memberikan pertanyaan serupa. Dengan chatbot perusahaan juga dapat mengirimkan respon setiap saat.
Sebanyak 80%percakapan dapat diotomatisasi sehingga customer service hanya melakukan pekerjaan yang penting untuk ditangani secara langsung. Hal ini dapat mengoptimalkan kinerja customer service perusahaan dan meringankan kerjanya dalam menjalankan tugas.
Fitur menarik selanjutnya yang tak kalah menguntungkan adalah multi-agent acces di mana aplikasi WhatsApp bisa diakses oleh beberapa orang sekaligus. Seluruh customer service kamu dapat sama-sama melayani pelanggan dengan satu nomor WhatsApp yang sama dalam satu waktu, sehingga memudahkan perusahaan untuk lebih cepat dalam melayani pelanggan. Perusahaan juga bisa mengirimkan pemberitahuan penting secara terprogram kepada para pelanggan secara bersamaan.
Dengan fitur-fitur tersebut, perusahaan dapat mengurangi biaya operasional dengan mengoptimalkan kinerja costumer service yang ada secara efisien, mengingat sebagian tugas mereka sudah digantikan oleh chatbot. Lalu, tingkat kepuasan pelanggan akan lebih meningkat karena user experience yang memudahkan pelanggan dalam berkomunikasi dengan perusahaan.
Jangan lupakan juga dengan menggunakan WhatsApp Official Business, perusahaanmu bisa lebih terpercaya karena di samping nama perusahaanmu ada centang hijau atau dalam artian akun profil bisnismu telah resmi terverifikasi.

Bagaimana cara membuat akun WhatsApp Official Business?

Berbeda dengan WhatsApp Business yang bisa didapatkan secara gratis, cara untuk membuat akun WhatsApp Official Business adalah dengan bekerja sama dengan partner yang menyediakan jasa WhatsApp Business API. Salah satunya adalah Talkabot.
Talkabot siap memberikan kemudahan dalam bisnismu melalui fitur-fitur yang disediakan oleh WhatsApp Official Business. Selain itu, Talkabot juga menawarkan fitur khusus lain yang akan membantumu menaikkan kepuasan pelanggan dan mempercepat proses penjualan dalam bisnis yang kami jalani.
Jadi tunggu apalagi, segera hubungi Bobb dan raih kesuksesan dalam bisnis!!