Rahasia Tingkatkan Pendapatan Bisnis Online dengan Tripwire - Talkabot
Teknik Closing
Tingkatkan Penjualan dengan Teknik Closing Anti-Ghosting- Part 2
Juli 17, 2021
Strategi Buat Pelanggan Mau Beli Produk Kamu dengan Harga Mahal
Juli 24, 2021

Rahasia Tingkatkan Pendapatan Bisnis Online dengan Tripwire

Jualan online bakal makin efektif kalau kita tahu strategi buat narik pelanggan lebih banyak. Akan lebih baik lagi, jika pelanggan yang sudah tertarik, memutuskan untuk membeli produk kita. Dalam dunia dgital marketing sebenernya banyak banget cara yang bisa kita lakuin untuk mendorong traffic penjualan agar dapat meningkat pesat.
Salah satunya adalah dengan mengenal tipe konsumen dan kebiasaan yang sering mereka lakukan. Masih ingat dengan fakta kalau pelanggan membeli 80% menggunakan emosi, sementara 20%-nya adalah logika? Kalau lupa boleh cek di artikel sebelumnya ya.
Dari fakta tersebut, kamu harus bisa mangikuti emosi dari pelanggan. Sebagai tips dan triknya Bobb punya strategi rahasia jualan online yang jarang diketahui oleh pebisnis. Salah satunya adalah TRIPWIRE FUNNEL.
Tripwire funnel merupakan strategi untuk mengumpulkan leads atau pelanggan dengan menawarkan sesuatu yang tidak bisa ditolak oleh pelanggan. Dengan tujuan agar mereka mau membeli produk utama yang dijual dengan harga pasaran yang sebenarnya. Teknik tripwire ini juga bertujuan untuk mengumpulkan pelanggan tetap.
Dalam menjalankan strategi ini, pada awalnya pebisnis tidak berfokus pada profit. Yang menjadi fokus utama adalah mendapatkan data pelanggan. Setelah itu, secara bertahap pebisnis akan memikirkan bagaimana agar mereka mendapatkan transaksi yang lebih banyak dan mendapatkan profit yang maksimal.
Perhatikan funnel di bawah ini:

Lakukan lead Magnet

Sebelum masuk ke penjualan, kamu harus membuat sesuatu yang bisa menarik target pelanggan agar mau memberikan informasi pribadi berupa email, nomor whatsapp atau media lain untuk kepentingan penawaran produk lebih lanjut ke depannya.
Kunci dari lead magnet adalah GRATIS atau mungkin jika kamu yakin target pelanggan tidak akan menolak dengan menawarkan harga tertentu, lakukan saja! Yang penting target pelanggan tertarik untuk mengisi data berupa nama dan kontak.
Contohnya gimana sih Bobb? Nih, coba perhatikan contoh di bawah ini:
Untuk mendapatkan perhatian target pelanggan pebisnis skincare membuat penawaran di akun media sosial pribadi dan akun media sosial brand-nya akan membagikan ebook premium secara gratis tentang “Rahasia Cantik Alami ala Selebriti”. Dengan syarat harus memasukkan alamat nama lengkap dan alamat email.
Setelah data tersebut didapatkan selanjutnya pebisnis menawarkan produk tripwire.

Apa itu produk tripwire?

Tripwire adalah penawaran produk yang harganya lebih murah dari produk utama yang akan kamu jual kepada target pelanggan. Di sini kamu harus memahami permasalahan mereka, sehingga mereka mau membeli dan tertarik terhadap produkmu.
Contohnya:
Pebisnis skincare menawarkan produk day cream dengan harga terjangkau melalui broadcast. Bisa juga menggunakan harga coret ataupun embel-embel promo di dalamnya. Ingat di sini kamu tidak fokus terhadap profit tapi bagaimana agar mereka puas dengan produk dan bisnismu atau lebih singkatnya mencari pelanggan tetap yang loyal.

Selanjutnya, tawarkan core offer!

Core Offer adalah produk utama yang harganya lebih besar dan lebih menarik. Bobb ingetin ya, tujuan utama dari setiap Tripwire adalah untuk memperkenalkan produk utama pada pelanggan dan agar mereka mencari tahu lebih lanjut mengenai brand kamu. Adanya produk trial juga merupakan salah satu contoh tripwire.
Produk tripwire tersebut bisa mendorong pelanggan untuk membeli produk kamu yang lain. Dalam artian setelah puas pada produk tripwire, mereka akan tertarik untuk membeli produk utama kamu. Meskipun harganya mahal karena mereka sudah puas dengan produk dan pelanan brand kamu.
Contohnya lagi:
Setelah mereka puas akan produk day cream (tripwire) kamu akan mengirimkan broadcast pada mereka berupa penawaran produk core offer, misalnya di sini rangkaian serum dan night cream. Dengan copywriting yang baik, kamu menjelaskan bahwa perawatan kulit tidak hanya sebatas day cream saja. Untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik kamu perlu memakai serum dan night cream.

Lakukan up selling dengan profit maximizer

Nah, setelah pelanggan kamu happy akan produkmu. Mereka enggak akan ragu lagi untuk membeli produk yang lain saat kamu melakukan broadcast baru. Dalam tahap profit maximizer ini kamu bisa menawarkan produk lain, baik produk baru ataupun produk lama yang di bundling bersamaan produk kamu yang baru.
Contoh lagi:
Setelah sukses menjual core offer, pebisnis menawarkan produk lain berupa tonner, masker wajah, facial wash dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menjual produk bundling dengan kembali menggunakan embel-embel promo atau diskon dengan harga coret.
Bagaimana nih, sudah jelas belum? Biar lebih jelas lagi, yuk belajar dalam satu kasus:
Misal nih, kamu sebagai pebisnis clothing online akan menjual produk utama berupa sepatu. Dalam media sosial Instagram, kamu membuat berbagai konten untuk engagement berupa potongan komik yang menarik. Nah, ternyata proses branding kamu berhasil dan mendapatkan respon yang baik dari target pelanggan.
Selanjutnya sebagai lead magnet, kamu akan membagikan Mini Comic ke pelanggan dengan syarat mengirimkan nama dan email ke WhatsApp bisnis kamu. Setelah didapatkan data berupa nama lengkap, alamat email dan nomor WhatsApp target pasar, dalam jeda beberapa hari kamu mengirimkan broadcast berupa penawaran produk tripwire yaitu sandal casual bergambar karakter komik dengan harga terjangkau. Broadcast ini dibuat dengan menggunakan teknik copywriting yang udah Bobb ajarin.
Lalu, setelah produk tripwire sukses, kamu kembali melakukan broadcast menawarkan produk core offer yaitu sepatu dengan harga yang lebih tinggi. Nah, di sini kamu jangan ragu untuk menentukan harga agar mendapatkan profit yang ingin kamu kejar. Ingat gunakan teknik copywriting terbaik dan jangan lupa untuk teknik closing-nya ya.
Selanjutnya setelah berhasil menjual sepatu, kamu mulai memaksimalkan profit dan menaikkan penjualan dengan menawarkan produk lain berupa kaos, kemeja, tas dan lain sebagainya. Kamu juga bisa buat paket bundling produk favorit dan produk baru dengan embel-embel harga diskon atau promosi agar pelanggan tetap kamu semakin tergiur untuk membeli.
Seperti biasa, kalau ada pertanyaan lebih lanjut mengenai strategi bisnis yang jitu buat naikkin penjualan, jangan ragu buat hubungi Bobb ya!