Tips Mencari Admin Online Shop yang Cocok untuk Bisnis

Tips Mencari Admin Online Shop yang Cocok untuk Bisnis

Memutus Vicious Cycle untuk Tingkatkan Bisnis Lokal Indonesia
Februari 9, 2021
Tren Marketing Berbasis Live Streaming Meningkat Tajam di Indonesia
Februari 17, 2021
Admin online shop mempunyai peran penting dalam bisnis. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, admin online shop sangat berpengaruh pada kesuksesan dari bisnis yang kamu jalani. Mereka adalah orang-orang yang ada di garda terdepan yang akan berinteraksi dengan pelanggan. Di tangan merekalah pembeli akan memutuskan untuk lanjut melakukan transaksi atau malah meninggalkan ruang chat dan beralih ke toko lain.
Selain itu, admin online shop juga bertanggung jawab untuk mengenalkan produk/jasa serta menawarkan program promosi atau diskon kepada pelanggan. Oleh karena itu, pebisnis membutuhkan admin online shop yang berkualitas untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.
Lalu, bagaimana sih cara mencari admin online shop yang tepat. Berikut langkah-langkahnya:

1. Tentukan Kriteria yang Ideal untuk Bisnismu

Pemilik atau owner bisnis pasti punya kriteria khusus untuk masing-masing pegawainya tidak terkecuali untuk admin online shop. Kriteria tersebut biasanya akan disesuaikan dengan jenis usaha yang dimiliki oleh pebisnis. Contoh, pebisnis alat kecantikan atau kosmetik, membutuhkan admin berjenis kelamin perempuan karena dianggap lebih mengerti dan paham akan produk yang dijual.
Jadi, tentukanlah kriteria admin online shop yang dibutuhkan oleh binismu. Pastikan ia memiliki pribadi yang sesuai dengan yang kamu harapkan. Pertimbangkan juga kualifikasi apa saja yang harus dimiliki oleh calon admin. Dari mulai tingkat pendidikan, keahlian, pengalaman termasuk kesiapan calon untuk bekerja sesuai dengan aturan yang diterapkan.

2. Mengenal Perusahaan dan Memahami Produk/Jasa yang Dijual

Mengenal perusahaan dan memahami produk/jasa yang dijual merupakan hal yang penting bagi admin online shop. Mereka akan menjadi wajah dari perusahaan sehingga dipastikan seorang admin harus mengenal seperti apa profil perusahaan, merk atau brand yang dijual termasuk ke strategi pemasaran yang diterapkan. Hal ini agar tidak terjadi kesalahpahaman dan admin online shop akan lebih leluasa untuk menarik pelanggan dengan konten yang sesuai dengan perusahaan.
Pastikan calon admin agar memahami produk/jasa yang akan dipromosikan. Hal ini sangat berguna untuk meyakinkan pelanggan agar membeli produk yang ditawarkan. Dengan memahami produk, admin online shop juga bisa berpikir lebih luas tentang strategi untuk dapat menarik target pasar lebih banyak lagi.

3. Tentukan Hak dan Kewajiban

Buat aturan-aturan untuk calon admin sesuai dengan tugasnya. Berikan brief terlebih dahulu, seperti memberitahukan sepaan khusus bagi pelanggan serta hal-hal teknis di lapangan yang wajib dilakukan oleh calon admin.
Jangan lupa ingatkan calon admin untuk tetap ramah dan bersabar dalam menghadapi pelanggan. Sikap admin dalam menghadapi pelanggan akan sangat berpengaruh pada loyalitas pelanggan.

4. Sebarkan Informasi Lowongan atau Hubungi Penyedia Jasa

Kamu bisa menyebarkan informasi lowongan secara offline maupun online. Agar lebih efektif, unggah informasi lowongan tersebut di berbagai platform media sosial atau website khusus untuk pencari kerja. Sementara itu, untuk offline kamu bisa mencari rekan yang sekiranya dapat memberikanmu rekomendasi orang yang tepat untuk menjadi admin online shop.
Jika kamu merasa sanksi dan tidak mau mengambil banyak resiko, kamu bisa mengubungi jasa penyedia layanan admin atau customer service yang bisa membantumu menjalankan bisnis hingga sukses.
Bagaimana? Sudahkah tokomu memiliki admin yang sesuai? Jika kamu merasa kurang puas dengan kinerja adminmu, kamu juga bisa mulai meringankan pekerjaannya dengan chatbot. Chatbot akan membantu adminmu lebih fokus dalam melayani pelanggan. Untuk info lebih lanjut segera konsultasikan masalah bisnismu dengan menghubungi Talkabot.
Talkabot siap membantumu untuk menciptakan amazing customer experience dan membuatmu pelangganmu lebih loyal. Jadi tunggu apalagi, yuk segera hubungi Talkabot.