Tips Menulis Pesan Broadcast WhatsApp Ampuh Anti-Banned - Talkabot
Ketahui Rahasia Headline Menarik dalam Copywriting Iklan Populer
Agustus 19, 2021
Kepowriting
Tips Menjual Tanpa Nawarin dengan Kepowriting
Agustus 27, 2021

Tips Menulis Pesan Broadcast WhatsApp Ampuh Anti-Banned

Broadcast

Source: Unsplash.com

Udah tahukan kalau sekarang WhatsApp Broadcast jadi salah satu senjata ampuh bagi para pebisnis online? Selain sebagai perantara untuk melakukan pemasaran dan promosi, pesan broadcast juga cocok digunakan untuk berbagai pemberitahuan yang berhubungan dengan produk, pesanan, user, kerja sama, konten blog dan lain sebagainya.
Dengan sistem broadcast, berbisnis dengan skala yang besar akan terasa lebih mudah. Pebisnis bisa ngelakuin direct marketing ke banyak pelanggan secara praktis tanpa buang banyak tenaga.
Hal ini sebenernya, udah Bobb jelasin di artikel tentang broadcast WhatsApp anti-blokir. Tapi gak papa, biar kamu inget lagi. Bobb bakal dengan senang hati ngasih tahu. Nah, alih-alih dari kecanggihan manfaat broadcast, apalagi yang ngegunain WhatsApp Official Bussines Account, ternyata banyak lho yang gak tahu cara menulis pesan broadcast yang bener.
Akhirnya bukannya dibaca, pesan tersebut malah langsung dihapus atau bahkan langsung diblok sama pelanggan. Gak mau dong sampai kaya gitu?
Makanya, kali ini Bobb mau ngasih tahu kamu, rahasia menulis pesan broadcast promosi ke pelanggan yang menarik dan pastinya padat informasi. Jadi kesannya gak akan buang-buang waktu si pelanggan kalau baca. Yuk simak caranya di bawah ini:

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah posisikan diri kamu sebagai penerima broadcast

Berpikirlah bahwa kamu adalah penerima pesan broadcast, biar kamu paham akan beberapa catatan yang pasti tidak disukai oleh orang secara umum. Contohnya:
  • Kita gak suka menerima spam pesan yang itu-itu mulu, alias kena bom promosi yang jangka waktunya dekat
  • Kita gak suka nerima pesan dari orang yang tidak dikenal
  • Kita gak suka nerima promosi dengan copy yang ngebosenin
Nah, setelah kamu list pertimbangan apa yang harus diperhatikan saat membuat broadcast, saatnya memulai membuat materi atau bahan pesan broadcast. Ada dua tipe copywriting yang bisa kamu gunakan untuk dikirimkan kepada pelanggan yaitu copywriting dalam bentuk pesan pendek dan pesan panjang.

Copywriting dengan pesan pendek

Pesan yang pendek dimaksudkan untuk menyasar target pelanggan secara to the point. Dengan tujuan agar mereka segera melakukan tindakan sebagai feedback dari informasi yang ada pada pesan misalnya dengan mengklik call to action (CTA), bertanya ataupun langsung melakukan order dan transaksi.
Pesan singkat atau pendek terhitung sebagai cara yang instan bagi pebisnis. Makanya pesan singkat ini biasanya ditujukan pada target pelanggan spesifik yang sudah kenal dengan brand atau bisnis. Hal ini karena kamu tidak perlu lagi memperkenalkan brand bisnismu, dalam artian memasukkan informasi yang penting saja.
Adapun dalam penulisannya, kamu bisa memasukan unsur-unsur berikut dalam pesan broadcast:
Sapa pelanggan dengan kata sapaan khas brandmu
Bubuhkan headline dengan formula copywriting yang menarik
Berikan penjelasan atau informasi secara singkat
Kamu bisa menambahkan tawaran kepada pelanggan dalam bentuk diskon, harga coret atau urgensi pembelian untuk memberikan efek FOMO kepada audiens
Sertakan gambar atau video iklan yang kreatif agar broadcast lebih menarik
Perhatikan contoh di bawah ini:
Hallo Kak Fanny..
Sering kesiangan? Terus gak punya waktu buat dandan? Enggak pede juga kalau muka kusam pas presentasi depan atasan. Tenang!!!
Pond’s, bisa membuat wajahmu cerah seketika dengan 0% makeup
Sudah banyak yang pakai, klik di sini untuk tahu cerita mereka. Sekarang giliranmu, jangan sampai kehabisan ya, stok terbatas!

Copywriting dengan pesan panjang

Sementara itu, dengan copywriting yang panjang kamu bisa lebih leluasa membubuhkan pesan yang ingin kamu sampaikan pada audience. Selain promosi yang lengkap, kamu juga bisa memperkenalkan diri sebagai brand yang akan membantu menyelesaikan masalah mereka melalui produk/jasa yang kamu tawarkan.
Pesan panjang ini sangat cocok untuk digunakan broadcast ke audiens yang belum tahu bisnis atau brand kamu. Di sini selain untuk promosi kamu juga bisa menumbuhkan brand awareness untuk bisnis kamu. Copy yang biasa digunakan dalam pesan panjang biasanya berupa story telling. Kamu bisa menggunakan teknik Social Proof dalam pesan untuk memainkan psikologi audiens.
Ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan dalam penulisan copy bentuk pesan panjang yang Bobb ambil dari berbagai sumber, sebagai berikut:
Bubuhkan judul atau headline yang di-bold agar pelanggan bisa fokus terhadap pesan kamu saat membaca pertama kali
Jangan lupakan sapa pelanggan kamu terlebih dahulu
Isi pesan harus berupa informasi bermanfaat yang berfokus pada masalah pelanggan yang akan dikaitkan dengan solusi melalui bisnis atau produk kamu.
Kemas pesan tersebut menggunakan teknik story telling dengan bahasa yang enak dibaca. Usahakan jangan langsung menggunakan kalimat penjualan
Usahakan panjang pesan tidak lebih dari 1 sampai 2 kali scroll layar
Jangan lupa berikan efek FOMO serta CTA dalam pesanmu
Bobb mau jelasin kenapa kamu sebisa mungkin, harus menghindari kalimat penjualan dalam pesan panjang. Hal ini karena, kebanyakan orang langsung scroll ke bawah atau bahkan langsung keluar dari pesan setelah mengetahui pesan panjang tersebut merupakan konten jualan. Mereka enggan dan malas untuk membaca, oleh karena itu pengemasan pesan harus benar-benar diperhatikan.
Bobb juga mau ngingetin untuk selalu gunakan visual yang menarik dan tentunya berhubungan dengan bisnis kamu. Ingat jangan asal buat, karena jika kamu asal membuat pesan atau gambar, memungkinkan audiens untuk memblokir nomor kamu.
Kamu bisa mengeksplor secara leluasa dalam menulis copy di pesan broadcast ini. Pesan seperti apa yang ingin kamu sampaikan kepada audiens. Nah, untuk sumbernya sendiri, kamu bisa memanfaatkan testimoni atau cerita dari pelanggan yang menggunakan produk kamu. Selain itu, kamu bisa memakai kisah lain yang bersumber dari masalah kebanyakan orang atau spesifik orang, di sini kamu bisa mengatakan kepada mereka bahwa bisnis kamu akan ikut membantu dan berjuang mengatasai masalah tersebut dengan menggunakan produk/jasa yang kamu jual.
Untuk informasi lain mengenai penulisan pesan broadcast, kamu bisa menghubungi Bobb langsung ya. Bobb juga bisa bantu kamu agar broadcast yang kamu kirim tidak mudah diblokir oleh Whatsapp atau pun pengguna.