Tren Marketing Berbasis Live Streaming Meningkat Tajam di Indonesia
mencari admin online shop
Tips Mencari Admin Online Shop yang Cocok untuk Bisnis
Februari 12, 2021
Broadcast whatsApp
Mengirim Pesan Broadcast WhatsApp Anti-Banned
Februari 19, 2021

Tren Marketing Berbasis Live Streaming Meningkat Tajam di Indonesia

Tahun 2020 lalu disebut-sebut sebagai tahun pemicu lonjakan aktivitas digital khususnya berbelanja secara online. Hal ini tidak terlepas dari pandemi virus covid-19. Hasil survei DBS (bank swasta di Indonesia) menunjukkan adanya peningkatan sebesar 66% pertumbuhan penggunaan e-commerce di Indonesia. Masyarakat semakin beralih ke online untuk mencari jenis produk mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai pada elektronik dan barang-barang berat lainnya yang biasanya dibeli secara offline.
Selain itu, merilis dari data Telkomsel, peningkatan akses layanan digital saat Natal dan tahun baru melejit dibandingkan hari-hari biasa. Sepanjang momen tersebut, akses e-commerce tercatat sebanyak 26,55% melampaui akses media sosial dan aplikasi pesan instan yang tercatat sebanyak 17,58%.

Tren Pemasaran Berbasis Live Streaming

Meledaknya minat pasar belanja digital tersebut, memicu berbagai permintaan dari masyarakat termasuk dalam pemasaran yang berbasis pada konten. Salah satu tren pemasaran berbasis konten yang kini sedang popular di tengah masyarakat yaitu pemasaran melalui platform media broadcasting atau live streaming.
Hal ini dibuktikan dengan pemain e-commerce ternama di Indonesia seperti Shopee dan Lazada yang menggunakan platform live streaming sebagai alat promosi yang penting untuk mendorong konversi pesanan sekaligus pengalaman promosi yang menarik untuk meningkatkan interaksi pelanggan. Selain itu, mengutip dari cnnindonesia.com e-commerce live streaming ini, penggunaannya meningkat secara signifikan selama pandemi Covid-19.
Belanja disertai dengan melihat konten live streaming memang dapat meningkatkan interaksi langsung antara merek/brand dan konsumen. Dimana konsumen akan semakin yakin tentang kualitas produk dan mendorong mereka untuk mengambil keputusan pembelian yang cerdas dan efisien tanpa takut menerima barang yang tidak sesuai dengan apa yang dilihat.
Penerapan live streaming yang kreatif disebutkan tidak hanya berhasil menarik masyarakat tapi juga mitra bisnis untuk bergabung dalam berbagai platform live streaming sebagai tindakan mengikuti tren digital popular. Inovasi pemasaran ini juga memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap keputusan pembelian. Data dari Shopee mencatat adanya peningkatan penjualan sebesar 3,5 kali dari biasanya setelah adanya platform live streaming.

Bukan Hanya E-commerce

Selain pemain ternama e-commerce di Indonesia, platform online lain dengan basis pengguna yang besar seperti Facebook dan Instagram juga telah memasuki bidang live streaming. Popularitas tren live streaming dan rekomendasi konten yang lain diharapkan akan mampu menjadi kontribusi besar terhadap suksesnya sektor bisnis dan e-commerce di Indonesia, negara dengan potensi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.
Melihat pertumbuhan pengguna e-commerce dan konsumsi konten digital yang tinggi di Indonesia, seakan menjadi pertanda bahwa perubahan ini akan bertahan untuk sementara waktu. Oleh karena itu, dengan banyaknya alternatif dan peluang yang dapat dicapai untuk menjangkau konsumen melalui digital, pebisnis harus mulai mencari inovasi untuk dapat beradaptasi. Hal ini sangat penting guna menghadapi segala perubahan perilaku yang terjadi pada pasar di masa kini. Lantas, mereka juga mampu bersaing menghadapi kompetisi dagang di pasar lokal maupun global.
Bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk beradaptasi menghadapi gempuran teknologi digital? Atau malah kamu sudah mulai terjun untuk memanfaatkan berbagai tren masa kini termasuk live streaming? Yuk, kepoin Talkabot, biar bisnismu makin keren dan tentunya melek teknologi.